Company Logo
117169
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
57
323
1043
115006
5808
5765
117169

Your IP: 54.205.144.54
Server Time: 2014-10-31 09:41:23
Visitors Counter

Penyembuhan Wasir dengan Metoda Safute

Pada bagian akhir ini saya akan menjelaskan tentang saya satu teknologi penyembuhan wasir, khususnya untuk stadium 3 dan 4. Metoda ini tidak hanya efektif menyembuhkan namun proses penanganan berlangsung dalam waktu singkat, tidak kurang dari 15 menis. Proses penyembuhan relatif lebih singkat dan pasien tidak merasakan nyeri atau mengalami perdarahan pasca treatment seperti penanganan secara konvesional. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi BEIM (biological electrical impedance automeasurement).

 

15 Menit Sembuh Wasir ala Safute

Teknologi BEIM (biological electrical impedance automeasurement) atau juga dikenal dengan istilah laser safute,  merupakan cara alternatif mengatasi wasir. Cara ini sudah popular di Cina sejak 12 tahun yang lalu namun belum begitu popular di Indonesia. Sebenarnya metode tidak menggunakan laser, namun untuk memudahkan pemahaman masyarakat, maka disebutlah laser. Sedangkan kata Safute itu sendiri merupakan perusahaan yang mengembangkan teknologi ini. Ribuan rumah sakit dan klinik di Cina sudah menggunakannya untuk mengobati pasien dengan gangguan anorektal dan wasir.

 

Penanganan dengan cara ini dapat dilakukan di klinik tanpa rawat inap (untuk yang belum parah). Bahkan perdarahan dan nyeri usai tindakan juga jauh lebih minim daripada tindakan konvesional. Artinya tindakan safute sangat nyaman bagi pasien. Kejadian kekambuhan dan efek samping juga hampir tidak ada atau sangat kecil karena wasir lepas sampai pangkalnya. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang melibatkan hampir seribu orang dan 98 persen diantaranya rawat jalan atau tidak perlu rawat inap. Selain mengobati wasir, teknologi ini dapat juga digunakan untuk gangguan anorektal seperti fisura, fistula, papilloma, ataupun kondiloma. Pada penelitian tersebut juga disebutkan bahwa dengan metode ini kesembuhan dapat dicapai sekitar seminggu lebih cepat dibandingkan lainnya.

 

Kabar baiknya, teknologi ini sudah ada di Indonesia di klinik wasir yang terdapat di beberapa kota di Indonesia dan telah berafiliasi dengan beberapa rumah sakit besar.

 

 Ada banyak pasien yang kemudian menanyakan, “Bagaimana mungkin sebuah wasir stadium 4 disembuhkan di sebuah klinik?”. Dulu mustahil namun dengan teknologi ini seorang pasien penderita wasir kronis bisa disembuhkan dengan treatment yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan sebuah operasi yang lazim dijadikan alternatif terakhir jika wasir tidak kunjung sembuh.

 

Cara Kerjanya

Untuk memberikan gambaran tentang bagaimana penanganan wasir dilakukan dengan teknologi ini, saya akan menjelaskan langkah-langkah treatmet yang dijalakukan di klinik wasir:

 

Untuk mengikuti penanganan safute pasien tidak mendapatkan perlakuan khusus. Bila pasien sudah siap maka akan pelaksanaan terapi akan dilakukan. Pada saat penanganan pasien akan diminta melepas celana panjang. Sedangkan celana dalam hanya diturunkan selutut. Sambil berbaring miring kekiri dokter melakukan penyuntikan anastesi/ pembiusan lokal. Setelah disuntik daerah anus akan mati rasa dan ototnya melemas sehingga bila ada wasir cukup diregangkan maka akan keluar sendiri. Lalu ujung wasir dijepit dan ditarik keluar hingga tampak pangkalnya

 

Terapi dilakukan dengan menjepit lumerkan pangkal wasir agar menjadi kering sehingga pembuluh darah tertutup dan ujung saraf pun tertutup dan permukaan luka juga tertutup oleh jaringan yang dikeringkan tadi. Proses penanganan hanya membutuhkan waktu 10-15 detik per wasirnya utk mengeras sehingga dalam 15 menit tindakan bisa selesai.

 

Setelah terapi tidak memerlukan perawatan khusus Satu jam setelah terapi, pasien diminta untuk tetap tiduran sambil diberi pengarahan hal-hal apa saja yang sebaiknya dilakukan terutama pemahaman ketika saat bab dan sebagainya.

 

Minggu pertama setelah terapi sebaiknya pasien mengkonsumsi makanan berserat tinggi, roti, pepaya dan makanan lembut lainnya. Dan jangan lupa minum obat pelembut feses. Tidak ada obat khusus yang diberikan (hanya obat antibiotik dan cairan antibakteri dan dipakai setiap hari)

 

Tiga hari setelah terapi, pasien wajib kontrol ke dokter yang menangani terapi laser. Bila dinyatakan bagus, maka pasien tidak perlu lagi mengkonsumsi obat lanjutan.

 

 Tabel. Perbedaan antara Metoda Penanganan Wasir

Ligasi, banding

Laser, infrared, microwave

BEIM

1. Dasar wasir diikat dengan pita karet sehingga darah terhenti dan jaringan wasir kemudian mati dan lepas sendiri; ketika lepas terbentuk luka terbuka

1. Jaringan diuapkan atau dieksisi pembuluh darah dan saraf tertutup tetapi tetap terbentuk luka terbuka

1. BEIM memastikan jaringan yang akan dipotong kering dan keras sehinggamemastikan luka yang terbentuk langsung tertutup

2. Perlu berkali-2 untuk wasir yang besar sehingga resiko anal stenosis lebih besar

2.  Dapat mengobati wasir yang besar atau multipel sekaligus

2.  Dapat mengobati wasir yang besar sekaligus dengan kemungkinan anal stenosis sangat kecil

3. Karena memblok sirkulasi pasien menderita saat harus mengedan untuk menggerakan usus

3. Jaringan yang tertutup mati saat dipotong sehingga sulit untuk sembuh (lebih lama)

3. Tepi dari lukanya jelas sehingga lebih mudah sembuh

4. Waktu lebih lama, nyeri lebih besar, tidak bisa digunakan untuk wasir eksternal atau mixed

4. Waktu lebih lama, nyeri lebih berat

4. Waktu pendek, nyeri minimal dapat digunakan untuk segala macam wasir

5. Cenderung menimbulkan perdarahan bila ikatan kurang kuat atau saat jaringan terlepas

5.  Luka terbuka yang terbentuk saat skar terlepas cenderung menimbulkan perdarahan

5. Luka yang terbentuk saat jaringan wasir lepas tertutup sehignga tidak akan menimbulkan perdarahan.

 

 

Kelebihan Metoda Safute

Metoda Safute boleh dikatakan salah satu bentuk teknologi yang cukup canggih untuk penanganan wasir. Hal ini dikaitkan dengan kemudahan dalam melakukan penanganan dengan safute serta beberapa keuntungan yang dihasilkan antara lain:

 

1. Dapat dilakukan di klinik tanpa rawat inap (untuk yang belum parah).

 

2. Karena pembuluh darah telah kering maka resiko perdarah lebih minimal

 

3.Karena pembuluh saraf juga sudah kering maka nyeri akan terasa lebh tumpul

 

4. Permukaan luka tertutup oleh jaringan yang dikeringkan sehingga kuman tidak bias masuk sehingga resiko infeksi hampir 0%

 

5. Dengan kelebihan diatas lukanya bisa dibiarkan terbuka sehingga tidak perlu jahitan hal inilah yang membuat nyeri pasca tindakannya jauh lebih minimal.

 

6. Kejadian kekambuhan dan efek samping juga hampir tidak ada atau sangat kecil.

 

7. Selain mengobati wasir, laser ini dapat juga digunakan untuk gangguan anorektal seperti fisura, fistula, papilloma, ataupun kondiloma.

 

8. Dengan metode ini kesembuhan dapat dicapai sekitar seminggu lebih cepat dibandingkan metode lainnya.

 

9. Biayanya yang terjangkau

 

10. Aman dan nyaman bagi dokter

 

11. Prosedur jauh lebih cepat

 

Rasa sakit saat bab biasanya akan hilang berkurang seiring hari, 70-80% pasien bisa bekerja rata-rata pada hari ke 5-7.

 

Syarat Melakukan Terapi

 Bagaimanapun praktisnya metode laser safute BEIM ini, tetaplah bagi anda yang ingin melakukannya sebaiknya memenuhi beberapa persyaratan sebelum, selama dan sesudah terapi.

 

Adapun syarat sebelum dilakukan tindakan terapi antara lain:

 

1. Pasien harus benar-benar mempersiapkan mental untuk melakukan terapi safute BEIM. Maka sebelum memutuskan untuk melakukan terapi ini, alangkah lebih baik apabila anda bertanya sana-sini, melihat melalui internet atau membaca testimoni pasien yang telah berhasil melakukan terapi ini. Sehingga anda paham bagaimana metode, proses dan tindakan terapi ini. Juga kelebihan serta kekurangan terapi ini. Serta prosentase kesembuhan dan manfaat terapi ini.

 

2. Bila telah merasa mantap dengan terapi laser safute BEIM, segera hubungi dokter, klinik atau rumah sakit yang memang berkompeten pada tindakan penanganan wasir melalui terapi safute BEIM.

 

3. Pastikan anda mengetahui berapa dana yang dibutuhkan untuk penanganan wasir dengan terapi laser safute BEIM.

 

Sedangkan syarat-syarat selama tindakan terapi adalah:

 

1. Saat melakukan terapi laser safute BEIM anda harus tenang. Bila anda tenang maka dokter dan para perawat juga akan merasa tenang selama melakukan tindakan terapi.

 

2. Karena proses awal tidak ada perlakuan khusus maka anda bisa langsung diterapi.

 

3. Anda hanya akan dibius lokal dan itu akan menimbulkan sedikit rasa nyeri. Tapi saat terapi berlangsung anda tidak akan merasakan apa-apa. Nyeri baru terasa saat BAB pertama

 

4. Perilaku bab anda juga harus teratur. Yang normal cukup sehari satu kali.

 

Diharapkan dengan pola hidup yang lebih teratur,tindakan penyembuhan wasir yang  anda pilih bisa memberi hasil yang baik untuk selamanya.

 

Penanganan Pasca Treatment

Setelah treatment langkah selanjutnya adalah penyembuhan. Pengalaman dari pasien yang kami tangani ada yang masa penyembuhannya hanya membutuhkan waktu 1 minggu ada yang lebih lama. Faktornya adalah ketaatan pada prosedur penangan pasca perlakuan. Setidaknya ada beberapa hal yang kami tekankan pada pasien agar proses recovery berlangsung lebih cepat:

 

1)  Membuat kondisi daerah luka sekondusif mungkin untuk sembuh. Hal ini dapat dicapai dengan hal berikut;

  a.Mengurangi tekanan di daerah luka;

Hal ini dicapai dengan mengurangi duduk yang terlalu lama atau berdiri terlalu lama, usahakan di hari-hari pertama untuk lebih banyak berbaring saja. Terkadang nyeri sudah dirasakan minimal sehingga ingin untuk segera aktivitas kembali, hal ini harus dihindari walau tidak nyeri tetap tirah baring. Pada minggu pertama hindari berlari, bersepeda, berenang mengangkat berat.

 

Mengedan saat BAB boleh tapi upayakan seminimal mungkin dengan cara memperbanyak konsumsi serat baik dari buah-buahan (saran saya pepaya, alpukat atau melon), sayur-sayuran (yang bening tidak bersantan dan segar) atau bila sulit boleh dengan suplemen serat. Selain itu air harus cukup minimal 2-2,5 liter perhari. Lanjutkan pola makan biasa anda jangan terlalu drastis diubah atau terlalu banyak pantang karena bisa membuat kembung atau diare.. Perhatikan lebih saja jumlah seratnya. Untuk amannya kami juga membawakan obat pelembut feses untuk diminum. Hindari makanan yang pedas, asam dan berbumbu (masakan khas padang), alkohol, bir dan anggur karena bisa membuat iritasi.

 

b.Menjaga Kebersihan Luka;

Setiap setelah BAB bersihkan luka dengan air bersih saja jangan gunakan sabun atau antiseptic lain karena bisa membuat iritasi, segera setelah bersih rendam luka di air hangat (boleh ditambah sedikit betadin atau dettol atau PK); berendam paling baik 2-3 x sehari setidaknya 10-15 menit; hal ini dapat mengurangi nyeri yang timbul akibat BAB, membersihkan luka dan memperbaiki sirkulasi darah di luka sehingga penyembuhan bisa lebih baik. Setelah berendam ambil kasa steril berikan sedikit betadin dan segera temple di bibir anus hal ini akan menjaga kebersihan dan kekeringan daerah luka.

 

2) Sebaiknya pasien tidak khawatir Tetap Tenang apabila;

 a.Menetes Darah atau cairan bening seperti air

 Pada hari-hari pertama terkadang netes darah, hal ini wajar, normal dan bagian dari penyembuhan apabila tidak melebihi 10 tetes dan berhenti sendiri. Apabila darah yang keluar cukup banyak maka pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menekan bibir didaerah anus dengan kassa yang telah diberikan betadin selama 5-10 menit atau bisa juga ditambah dengan es batu; tekanan yang cukup dengan suhu yang dingin membantu mempercepat pembekuan darah. Sumber darah terletak dekat  dari bibir tersebut sehingga apabila bibir tersebut ditekan sumber darahnya juga akan tertekan sehingga berhenti. Bila ini tidak mengatasi masalah maka segera hubungi kami

 

Cairan bening seperti air adalah cairan radang, cairan ini adalah cairan yang baik karena dia merangsang penyembuhan dan biasa keluar sampai 4-6 minggu  bahkan lebih pada wasir yang besar. Seiring minggu jaringan sehat akan terus tumbuh menggantikan permukaan safute sehingga dengan sendirinya cairan ini juga akan makin berkurang sampai akhirnya akan hilang sendiri. Pada minggu pertama tetap tempel kassa ganti 3-4 x sehari setelah cairan berkurang kassa tidak perlu dipakai cukup berikan betadin di luka.

 

b. Nyeri;

Nyeri bersifat individual sekali terkadang pada wasir yang besar tidak nyeri malah wasir yang kecil terasa nyeri. Yang sama biasanya adalah nyeri akan muncul setelah BAB untuk kemudian seiring hari berangsur-angsur berkurang. Kami telah membawakan pereda nyeri untuk mengatasi masalah ini. BIla nyeri yang dirasakan berlebihan segera hubungi kami.

 

c. Terasa mual atau kembung;

Hal ini biasanya adalah efek samping obat. Namun jika merasa tidak nyaman pasien dapat menghubungi dokter yang menangani.

 

d. BAB tidak tuntas;

Daerah luka mengalami peradangan dan otak menterjemahkan hal itu seperti tinja sehingga timbul reflex BAB tetapi saat BAB tidak ada tinja yang keluar. Seiring hari peradangan berkurang hal ini tentunya juga akan jauh berkurang.

 

e. Terasa Sulit Kencing;

Pada keadaan tertentu di sejumlah kecil pasien bila letak wasir terletak di belakang kandung kencing maka saat buang air kecil akan terasa sedikit sulit hal ini wajar karena untuk mengkontraksikan kandung kencing perlu peran otot anus juga dan karena sedang ada luka maka akan sedikit sulit. Upayakan jangan mengedan biarkan perlahan keluar dengan sendirinya.

 

f. Sulit BAB;

Pada pasien yang terlalu khawatir akan luka atau khawatir dengan nyeri yang dirasa sering menahan-nahan BAB-nya. Hal ini harus dihindari karena semakin lama ditahan cairan dari feses akan makin diserap sehingga feses makin kering. Selain lebih sulit keluar, trauma pada luka dan nyeri juga akan lebih terasa dan bisa juga menimbukan lecet pada luka yang menimbulkan nyeri. Sesuaikan makanan padat dengan penyembuhan luka supaya feses yang terbentuk juga lebih sedikit. Luka juga perlu nutrisi untuk sembuh terutama protein,protein v=bisa didapat dari daging ikan, ayam atau telur, tahu dan tempe juga boleh.

 

3) Namun penting bagi pasien untuk segera berkonsultasi kepada dokter yang menangani jika terjadi

 a. Demam tinggi

 b. Menetes darah banyak dan tidak berhenti

 c. Sulit untuk buang air kecil

 

4) Pasieh melakukan control kembali di hari ke3-5 pasca prosedur. Tujuannya agar dapat diketahui kondisi penyembuhan pasca operasi. Sehingga dokter dapat menentukan penangan selanjutnya.

Comments:




Lokasi Klinik Wasir   Jika Anda adalah penderita wasir kronis dan ingin merasakan keajaiban 15 menit bebas... Read more
Kerjasama Bisnis   Bagi Anda yang berminat mengembangkan klinik penyebuhan wasir 15 menit, kami membuka... Read more
Penyembuhan Wasir dengan Metoda Safute Pada bagian akhir ini saya akan menjelaskan tentang saya satu teknologi penyembuhan wasir,... Read more

Powered by Joomla!®. Designed by: free joomla themes vps Valid XHTML and CSS.